Saturday, October 22, 2011

Cara Menggunakan Ear Candle

Bila Anda dirumah, melakukan terapi ear candle harus dengan bantuan orang lain, untuk keamanan dan memberikan kenyamanan pada saat terapi.

Durasi terapi ear candle untuk tiap telinga 10 sampai 15 menit, orang dewasa menggunakan minimal 2 ear candle untuk 1 telinga per sesi.

Yang Anda butuhkan:
Sepasang Indian Ear Candle
piring kertas/kertas karton ukuran secukupnya
gunting
korek api
mangkuk kecil berisi air
bantal ukuran sedang
kasur/tempat yang rata

1. Saat akan melakukan terapi ear candle, cucilah tangan sampai bersih untuk membersihkan tangan dari kuman.

2. Selonjor posisi menyamping dengan bantal dibawah kepala agar nyaman dan kepala tetap tegak, sehingga telinga bisa sejajar dengan bahu selama terapi.



3. Lubangi piring kertas dengan cutter, bentuk huruf X secukupnya agar ear candle bisa masuk tapi tidak longgar.



4. Bakar ear candle pada bagian atasnya, dan tutupi bagian bawahnya dengan jari sekitar 10 detik untuk menyumbat asap.

5. Setelah asap terlihat keluar dari ujung bawah berarti ear candle sudah siap untuk dimasukkan ke telinga.



Perlahan dan dengan lembut masukkan bagian bawah ear candle ke lubang telinga. Pastikan ear candle pada posisi yang pas, bisa dirasakan dengan memutar ear candle kekiri-kekanan. Jika asap terlihat keluar dari lubang bagian bawah yang menempel pada telinga, berarti posisi ear candle kurang benar.



Sesuaikan lagi posisinya sampai ujung bawah ear candle menutupi keseluruhan lubang telinga hingga rapat. Putar-putar dengan pelan sampai posisi ear candle benar-benar seperti menyumbat lubang  telinga dari luar untuk mendapatkan hasil maksimal.


Berikan pijatan lembut pada bagian belakang leher, belakang telinga, pelipis dan sekitarnya untuk memberikan rasa rileks. Pada saat proses terapi ear candle akan terdengar pelan suara api yang terbakar secara terus menerus di telinga pengguna, itu normal.

Gunting sedikit demi sedikit bagian atas yang sudah menjadi abu dengan mangkuk berisi air untuk menampung abu yang jatuh kebawah, selama api masih menyala.



6. Biarkan ear candle terbakar sampai sebelum garis batasnya, kemudian lepaskan dan padamkan api yang masih menyala dengan mencelupkan ujung bagian yang terbakar ke dalam mangkuk berisi air yang sudah disiapkan sebelumnya. JANGAN pernah mencoba meniup api, hanya akan membuat lebih banyak asap dan debu yang bisa berterbangan.


Setelah kedua telinga selesai menjalani terapi ear candle, lap bagian luar telinga dengan kain yang lembut atau handuk lembab, bersihkan juga bagian luar daun telinga dengan cotton buds.

Perhatian:
----------
*Berhati-hatilah dengan api saat terapi ear candle, cabut ear candle setelah mencapai/mendekati garis batas, jangan sampai kelebihan.
*Jangan meniup api selama proses terapi berlangsung, abu bisa beterbangan dan berbahaya.
*Penggunaan piring kertas sangat disarankan untuk pencegahan dan keamanan, meskipun bahan baku kertas ear candle tidak akan berjatuhan seperti kertas biasa.
*Bagian yang sudah terbakar menjadi abu, sebaiknya digunting dan dimasukkan kedalam mangkuk berisi air.
 

Ear Candle Murah Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates

Privacy Policy - Contact