Saturday, March 2, 2013

Hati-hati menggunakan Cotton buds

Seberapa seringkah seharusnya membersihkan telinga dengan cotton buds?

Sebagian orang ada yang menggunakan seminggu sekali, beberapa hari atau bahkan setiap hari, baik itu sekedar membersihkan kotoran telinga atau mengeluarkan air yang masuk kedalam liang telinga saat mandi.

Apakah melakukannya setiap hari terlalu berlebihan? Dapatkah kita dengan tidak sengaja melukai gendang telinga dengan menggunakan cotton buds?

Sebenarnya banyak risiko yang ditimbulkan dengan menggunakan cotton buds, menurut penuturan Rod Moser, PA, PhD, dengan pengalaman praktek selama 35 tahun. Menurut pendapat medisnya, cotton buds dapat membuat kotoran masuk semakin jauh kedalam lubang telinga, efeknya dapat menyebabkan masalah pendengaran, infeksi, membuat air yang masuk sulit keluar, gatal dan iritasi pada rongga telinga.

Selain itu juga dapat menyebabkan trauma pada bagian dalam telinga jika digunakan dengan tidak benar, seperti mengorek terlalu dalam. Meskipun sebagian cotton buds memiliki label, 'Jangan dimasukkan ke lubang telinga!'

Menurut Dr.Moser, cotton buds sebaiknya digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat di bagian luar telinga, seperti bagian daun dan mulut liang telinga.

Bukan digunakan untuk mengeluarkan air, disaat telinga terasa gatal, atau disaat 'iseng' dan ingin merasakan sensasi rasa geli pada bagian dalam telinga.

Jika terus-menerus dilakukan dapat berisiko infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh penumpukan kotoran pada liang telinga, bahkan menggunakan cotton buds terlalu sering dapat merobek/melukai kulit liang telinga yang dapat dimasuki bakteri.
 

Ear Candle Murah Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates

Privacy Policy - Contact