Sunday, March 3, 2013

8 Tanda Infeksi Telinga pada Anak

Dengan infeksi telinga, bagian dalam telinga akan dipenuhi dengan cairan dan menyebabkan perasaan penuh dan banyak tekanan. Infeksi telinga dapat sangat sulit dikenali pada anak kecil atau balita yang belum bisa berkomunikasi, karena mungkin tidak akan menunjukan gejala apapun. Dalam beberapa kasus infeksi telinga dapat dideteksi beberapa hari setelah gejala demam atau infeksi saluran pernafasan. Berikut beberapa gejala yang terjadi pada anak dan perlu perhatian lebih bila kemungkinan terjadi infeksi pada telinga.

Gejala Flu
Dalam berbagai kasus, flu dapat menjadi tanda-tanda awal dari infeksi telinga. Kotoran yang mengalir dari sinus dapat teralihkan ke bagian tengah telinga, menyebabkan terjadinya infeksi. Sangat jarang infeksi telinga terjadi tanpa diawali dengan flu.

Rasa Sakit
Hampir semua infeksi telinga akan menyebabkan rasa sakit, yang mana tingkat rasa sakitnya berkisar antara rasa nyeri sampai sakit yang menusuk. Ada kemungkinan bahwa tekanan dapat berkurang sedikit demi sedikit, serta rasa sakit juga tidak akan berlangsung terus menerus. Jika dialami oleh anak-anak, maka mereka akan terlihat lebih rewel dan marah, terlebih saat berbaring.

Demam
Tidak semua anak kecil akan mengalami demam sebagai gejala infeksi telinga, tapi setidaknya akan mengalami demam walaupun ringan. Ini merupakan pertanda bahwa tubuh sedang memberikan pertahanan terhadap sesuatu yang asing pada tubuh, keadaan seperti ini secepatnya harus ditangani oleh dokter.

Emosi dan sering rewel
Infeksi telinga, seperti halnya penyakit lain, dapat membuat anak menjadi sangat rewel. Selain itu juga merusak selera makan, kebiasaan tidur dan menggangu rutinitas lainnya.

Muntaber
Seperti demam, tidak semua anak mengalami muntaber. Kemungkinan virus yang menyebabkan infeksi telinga mengganggu sistem pencernaan anak, sehingga menyebabkan muntah dan mencret. Sangat penting untuk memperhatikan dan memastikan agar anak tidak mengalami dehidrasi sehingga kondisinya tidak semakin buruk.

Sulit Tidur
Cairan menumpuk di dalam bagian tengah telinga ketika anak mengalami infeksi telinga menyebabkan rasa nyeri dan 'penuh' yang semakin parah ketika anak berbaring. Pada siang hari, seorang anak dengan infeksi telinga mungkin terlihat cukup riang, tapi disaat tiduran rasa sakit akan mulai menjalar.

Kehilangan Selera Makan
Infeksi telinga dapat menyebabkan rasa sakit, dalam beberapa kasus akan semakin sakit saat menelan atau minum jika dibarengi dengan gejala tersebut diatas maka kemungkinan besar memang terdapat infeksi pada telinga.

Kapan harus pergi ke dokter
Penting bila anak muntah atau diare dan tidak mau makan atau minum, maka perlu diperiksakan ke dokter. Selain itu penting untuk diperhatikan bila terdapat perubahan bentuk telinga, mungkin karena gendang telinga yang pecah sehingga harus diperiksa apapun itu penyebabnya.

Memiliki anak dengan infeksi telinga dapat menjadi satu masalah yang sangat serius dirumah, penting untuk menjaga mood mereka agar tetap ceria, tidak kekurangan cairan dan istirahat cukup. Ini dapat membantu penyembuhan lebih cepat dan juga mencegah kondisi yang lebih buruk.

Artikel Lainnya...
 

Ear Candle Murah Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates

Privacy Policy - Contact