Friday, March 22, 2013

Penyabab Telinga Terasa Penuh atau Tersumbat

Penyabab Telinga Terasa Penuh atau Tersumbat
Telinga tersumbat atau kondisi dimana telinga mengalami rasa/sensasi "penuh" dalam lubangnya, dalam beberapa kasus disertai dengan beberapa tingkat ketidaknyamanan atau bahkan rasa nyeri. Ada segudang alasan mengapa telinga tersumbat, tergantung pada kombinasi gejala apa yang mungkin Anda miliki dan tindakan yang pernah dilakukan sebelum telinga tersumbat. Artikel ini akan membahas baik yang umum dan alasan lain yang kurang jelas mengapa telinga tersumbat dan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat berguna untuk mengatasi masalah ini.

1. Penumpukan Kotoran
Kotoran telinga yang berlebihan berada pada daftar teratas sebagai penyebab telinga tersumbat yang memberikan tekanan dan rasa tidak nyaman ringan.

Berikut cara sederhana untuk membersihkan kotoran telinga dengan hanya menggunakan beberapa bahan sederhana yang sangat efektif dan murah untuk melembutkan dan menghilangkan kotoran telinga yang mengeras di dalam liang telinga. 

Campur air hangat dan hidrogen peroksida dengan jumlah perbandingan 1:1, berbaringlah dengan telinga yang bermasalah menghadap ke atas dan menuangkan sekitar satu sendok teh larutan ini dalam lubang telinga. Tetap diam selama beberapa menit untuk membiarkan obatnya melunakkan kotoran telinga yang berlebihan, duduk dan biarkan cairan mengering, ulangi jika perlu. Keringkan telinga Anda dengan menempatkan beberapa tetes alkohol ke dalam untuk membuat air yang tersisa menguap.

Bayangkan kalau Anda harus membayar seseorang untuk mengorek-ngorek lubang telinga Anda? Tapi bagi sebagian besar penduduk Vietnam ini adalah hal yang sangat nikmat Baca...

2. Gangguan pada saluran Eustasius
Didalam telinga terdapat saluran menuju kerongkongan, disebut saluran eustasius. Saluran ini dapat tersumbat karena disebabkan oleh infeksi telinga kronis. Tujuan utama saluran ini untuk mengatur tekanan udara dan untuk mengalirkan cairan dari telinga tengah. Infeksi telinga berulang menciptakan peradangan kronis menyebabkan saluran ini membuka dan menutup dengan tidak menentu.

3. Perubahan tekanan udara
Pesawat, lift, atau berenang di dalam air menyebabkan perubahan tekanan udara mendadak di dalam telinga kita sehingga memberikan perasaan telinga tersumbat. Menguap, ingus atau mengunyah sepotong permen karet berguna bagi sebagian orang untuk mengurangi tekanan dan sensasi penuh pada telinga.

4. Kolam renang
Perenang biasa  mengalami radang telinga bagian luar yang dapat membuatnya menjadi merah, gatal dan bengkak pada lapisan saluran telinga, kadang-kadang terjadi masalah pada lubang telinga, hal ini disebabkan paling sering oleh berenang di tempat yang airnya tercemar, dan airnya tidak keluar sepenuhnya dari telinga.

#Baca Juga Kumpulan Masker Wajah Alami di Nembino

5. Gejala infeksi
Infeksi saluran pernapasan atas menyebabkan retensi cairan di telinga tengah dan radang hidung dan jaringan telinga sehingga tersumbat, telinga gatal dengan pendengaran yang kadang tersumbat.

6. Gangguan kesehatan lainnya
Demam, alergi rhinitis dan pencemaran lingkungan juga merupakan alasan mengapa telinga tersumbat. Mencari tahu akar penyebab alergi Anda akan membantu Anda kemudian mengatasi telinga tersumbat.

7. Gejala tumor saraf akustik
Dalam kasus yang jarang terjadi, neuroma akustik atau tumor saraf akustik sekitarnya dapat membuat Anda mengalami sensasi kepenuhan telinga dan rasa ketidaknyamanan. Gangguan pendengaran juga merupakan gejala yang menyertainya untuk kondisi ini.

Apakah lotion yang kamu pakai sesuai dengan jenis kulitmu? Karena tidak semua jenis lotion bisa cocok dengan jenis kulit kamu.Baca...

8. Ketegangan otot bahu
Yang paling sering diabaikan alasan mengapa telinga tersumbat adalah ketegangan otot yang hanya bisa diatasi dengan refleksi pada leher dan bahu. Ketika semua otot tegang, hal ini menyebabkan drainase cairan yang tidak tepat dari telinga tengah. Kunjungan ke chiropractor atau tempat refleksi, akan memberi bantuan yang sangat dibutuhkan untuk telinga yang tersumbat.

9. Benda asing yang masuk
Jika Anda mengalami beberapa nyeri yang menusuk atau sensasi aneh dalam telinga Anda, benda-benda asing mungkin menjadi penyebab seperti serangga atau serpihan sesuatu. Langsung pergi ke dokter bila mengalami keadaan seperti itu, berbahaya untuk mencoba mengeluarkannya sendiri di rumah.

10. Trauma karena tekanan udara
Barotrauma merupakan kerusakan jaringan yang terjadi karena perbedaan antara tekanan udara di dalam rongga udara fisiologis tubuh manusia dengan tekanan udara di sekitarnya. Barotrauma paling sering terjadi pada penerbangan dan kegiatan penyelaman.  Barotrauma jarang terjadi namun kemungkinan kerusakan pada telinga yang disebabkan oleh tekanan saat melompat tiba-tiba sebelum menyelam, naik pesawat atau mengemudi di pegunungan. Jika kepenuhan di telinga tidak mereda dalam sehari, kunjungi spesialis THT yang berpengalaman untuk memeriksa kemungkinan kondisi barotrauma.


 

Ear Candle Murah Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates

Privacy Policy - Contact